Salah satu elemen penting dalam rantai layanan kursi roda adalah perbaikan dan pemeliharaan kursi roda. Ketersediaan layanan perbaikan ini di / dekat dengan masyarakat adalah salah satu persyaratan dalam Panduan Layanan Kursi Roda 8-Langkah WHO. Perbaikan dan perawatan kursi roda yang baik dapat memperpanjang umur / kursi roda dan juga dapat memastikan keamanan dan manfaat menggunakan kursi roda sebanyak mungkin. Selain itu, jumlah perubahan (kerusakan) kursi roda sebelum mencapai usia optimal dapat dikurangi sehingga layanan menjadi lebih efisien.

Seiring dengan meningkatnya jumlah kursi roda yang didistribusikan dan kebutuhan untuk perbaikan kursi roda, ada kebutuhan akan sumber daya manusia yang terlatih yang dapat melakukan perbaikan kursi roda ini sesuai dengan standar kualitas.

Sesuai dengan komitmen UCPRUK untuk membangun sistem dan menyediakan peningkatan kapasitas bagi petugas kesehatan dan masyarakat dalam layanan kursi roda, UCPRUK telah melaksanakan program pelatihan perbaikan kursi roda dengan melibatkan para penyandang disabilitas dan / atau keluarga mereka yang berkomitmen dalam penyediaan layanan reparasi kursi roda.  Para peserta pelatihan terdiri dari perempuan dan laki-laki.

Tujuan Pelatihan Reparasi Kursi Roda ini adalah agar adanya akses perbaikan kursi roda yang terjangkau bagi pengguna kursi roda, serta memberikan akses pemberdayaan ekonomi khususnya bagi penyandang disabilitas.

Dengan dukungan Ford Foundation, UCPRUK mengembangkan peluang peningkatan pendapatan bagi penyandang disabilitas melalui pengembangan pusat layanan perbaikan kursi roda. Pengembangan pusat layanan perbaikan kursi roda ini diinisiasi di 5 kabupaten kota di Provinsi DIY yang nantinya dikelola oleh para penyandang disabilitas. Pengembangan pusat layanan perbaikan kursi roda ini juga sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program Jamkesus Disabilitas DIY yang menambakan paket layanan reparasi dalam paket manfaat sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 51 tahun 2017.

Sementara untuk 5 pusat layanan pebaikan kursi roda di area Jawa Tengah yang terbentuk adalah berkat dukungan Alumni Grant Scheme (AGS) dari Australian Global Alumni, UCPRUK mengembangkan peluang peningkatan pendapatan bagi penyandang disabilitas melalui pengembangan pusat layanan perbaikan kursi roda di Jawa Tengah. 5 Pengembangan pusat layanan perbaikan kursi roda ini berada di wilayah Semarang, Boyolali, Purworejo, Klaten dan Magelang. Pengembangan pusat layanan perbaikan kursi roda ini berpotensi memberikan pendapatan bagi penyandang disabilitas itu sendiri.

Repair Center DIY

Repair Center DIY

Repair Center DIY

Lebih Lanjut
Repair Center Jawa Tengah

Repair Center Jawa Tengah

Repair Center Jawa Tengah

Lebih Lanjut